Bagian dari Aero Mechanical Conveyor Ini Perlu Dirawat Berkala

0
41

Dissindo.com – Di dunia industri manufaktur maupun fast moving consumer good (FMCG) tentu sudah tak asing dengan aero mechanical conveyor atau flexible conveyor. Pasalnya alat satu ini sangat diperlukan dalam proses produksi untuk bisa mengangkut material bahan baku maupun produk jadi.

Berbeda dengan conveyor biasa, aero mechanical conveyor ini memiliki kapasitas pengangkutan yang tinggi dan  transfer batch dengan kemiringan sudut yang bisa diubah-ubah.

Namun, namanya mesin tentu harus mendapatkan perawatan berkala agar dapat bertahan lama. Lebih lagi untuk keperluan produksi biasanya mesin akan bekerja sangat ekstra. Karena itu, sebagai pengguna flexibel conveyor, Anda pun perlu tahu perawatan macam apa yang bisa dilakukan.

Apakah penting untuk tahu? Tentu saja. Walaupun Anda bisa menggunakan pihak ketiga untuk melakukan perawatan, tentunya akan lebih baik bila Anda memiliki divisi perawatan sendiri.

Jadi, perawatan seperti apa yang bisa dilakukan? Ada dua komponen yang perlu mendapat perhatian utama dari Anda, yakni tali conveyor mekanis aero dan cakram. Tali beserta piringan adalah bagian penting karena dua komponen ini selalu bergerak dengan kecepatan tinggi untuk menciptakan aliran udara selama produksi berlangsung.

Merawat tali conveyor

Anda harus selalu memeriksa ketegangan ketika conveyor sedang kosong. Dianjurkan untuk tidak mengatur tegangan dari rumah pembuangan karena beratnya rakitan tali pada conveyor yang lebih panjang dapat terlihat sudah memiliki ketegangan yang benar, namun pada kenyataannya tidak ditempatkan di dalam sprocket inlet.

Memeriksa kekencangan tali secara teratur merupakan langkah kunci dalam pemeliharaan pencegahan karena seringkali yang abai pada hal ini. Ingatlah bahwa semakin lama aero mechanical conveyor digunakan maka semakin panjang tali dan digunakan pada produk yang berat ini akan menyebabkan peregangan yang lebih signifikan pada tali sehingga Anda perlu memeriksa ini lebih teratur untuk tanda-tanda keausan.

Perlu diketahui bahwa ketika tali sudah kendur maka tali akan terus mengendur ketika conveyor berjalan sampai pada akhirnya cakram akan menyeret sepanjang sisi bawah yang dapat memakai tali dan cakram. Cara mudah untuk menemukan tali yang longgar adalah dengan memperhatikan suara conveyor. Tali kendur akan mulai mengepak di dalam tabung yang akan menjadi lebih berisik saat mesin dijalankan.

Over Tension

Penyebab paling umum dari tali yang terlalu tegang adalah kesalahan mekanik sehingga pelatihan untuk menjaga ketegangan tali sangat perlu dilakukan. Tanda yang paling jelas dari tali yang dikencangkan adalah bahwa Anda tidak dapat memindahkan cakram saat sudut conveyor dipindahkan.

DART – Tensioner Tali Otomatis Dinamis

DART Rope Tensioner Otomatis menawarkan yang terbaik dalam mengurangi perawatan bagi pengguna Aero Mechanical Conveyor. Investasi dalam tensioner tali otomatis akan membantu memperpanjang umur tali mekanik aero Anda dengan input manual minimal.

  1. Model Dasar

Udara kering yang bersih, dari 0,35 hingga 4 bar/5 hingga 60psi, digunakan untuk mempertahankan gaya konstan dalam pengangkutan tali dan rakitan disk melalui regulator. Sirkuit pneumatik mempertahankan gaya jika terjadi gangguan pada suplai udara. Alternatif lain, sakelar tekanan opsional menyediakan sinyal yang dapat mematikan konveyor sampai pasokan udara dipulihkan.

  1. Air Purged Seals

Opsi ini penting jika ada kemungkinan produk terperangkap dalam segel geser dan dengan demikian mengorbankan keefektifan alat penegang.

  1. Panel Kontrol Dasar

Model ini memiliki manfaat dari sensor pada silinder pneumatik yang menyebabkan ketegangan pada tali. Sensor-sensor ini memperingatkan bahwa pemeriksaan tali diperlukan dan memperingatkan ketika peregangan tali maksimum telah tercapai dan bahwa penggantian sangat penting. Panel ini dapat ditawarkan lengkap dengan Motor Starter untuk konveyor.

  1. Panel Kontrol & Sistem Umpan Balik Ketegangan

Model ini menggunakan sistem load cell yang benar-benar memeriksa tegangan pada kekuatan yang benar. Ini ditentukan oleh diameter dan panjang konveyor. Ini mempertahankannya pada tingkat dengan terus menyesuaikan pasokan udara untuk mengakomodasi kondisi yang berubah. Ini terutama diinginkan jika produk atau udara ambien mengalami perubahan suhu yang signifikan.

Namun, apabila Anda tak mau mengambil risiko dengan perawatan flexible conveyor yang rumit ini, Anda bisa menjadikan PT Dissindo Pratama sebagai solusi. Sebab Dissindo sendiri merupakan produsen aero mechanical conveyor yang punya keunggulan kapasitas sampai dengan 20 ton/jam dan dengan kemiringan sudut yang bisa diubah hingga 90 derajat.

Sebab Dissindo merupakan perusahaan yang sudah berpengalaman selama lebih dari 15 tahun menyediakan berbagai jenis conveyor. Saat ini, Dissindo juga telah tercatat sebagai anggota dari Persatuan Automasi Indonesia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here